Laporan Percobaan 3

LAPORAN PERCOBAAN 3


1. Tujuan + Kondisi [Kembali]

  • Tujuan
  1.     Merangkai dan menguji aplikasi output pada mikrokontroller Arduino
  2.     Merangkai dan menguji input pada mikrokontroller Arduino
  3.     Merangkai dan menguji I/O pada mikrokontroller Arduino 
  • Kondisi
    Menampilkan angka 7435 apabila menekan "#" pada keypad
2. Hardware [Kembali]
  • Alat
- LCD


    LCD (Liquid Crystal Display) adalah salah satu jenis display elektronik yang bekerja dengan menggunakan liquid crystal sebagai media untuk merefleksikan cahaya. Seperti yang sudah kita sampaikan di atas, LCD atau Liquid Crystal Display ini banyak digunakan pada perangkat elektronik yang menggunakan layar elektronik, seperti: mnitor televisi, layar smartphone, layar PC, dan lain-lain. Jumlah pixel yang terdapat pada LCD sangat bervariasi tergantung jenis perangkat yang digunakan. Namun umumnya, jumlah pixel pada LCD mulai dari ribuan, ratusan ribu, hingga jutaan pixel dalam satu keeping LCD. Nantinya, kepingan LCD yang di dalamnya terdapat liquid crystal akan memvisualisasikan objek tertentu dengan menggunakan pixel-pixel yang terdapat pada LCD tersebut.
    Fungsi LCD secara umum adalah sebagai layar atau display digital yang menghasilkan citra pada permukaan bidang yang datar. Proses visualisasi objek pada LCD melibatkan Kristal cair (liquid crystal) serta filter berwarna dengan struktur molekul polar yang diapit dua elektroda transparan. Namun perlu diingat, bahwa LCD ini tidak serta merta langsung memancarkan sinar. Dalam hal ini LCD harus mendapatkan aliran listrik aliran listrik agar cairan kristal dapat bekerja dan membentuk pola tertentu.

-- KeyPad

    Keypad Matriks adalah tombol-tombol yang disusun secara maktriks (baris x kolom) sehingga dapat mengurangi penggunaan pin input. Sebagai contoh, Keypad Matriks 4×4 cukup menggunakan 8 pin untuk 16 tombol. Hal tersebut dimungkinkan karena rangkaian tombol yang disusun secara horizontal membentuk baris dan secara vertikal membentuk kolom.

- Arduino UNO
Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis ATmega328 (datasheet). Memiliki 14 pin input dari output digital  dimana 6 pin input tersebut dapat digunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset. Untuk mendukung mikrokontroler agar dapat digunakan, cukup hanya menghubungkan Board Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB atau listrik dengan AC yang-ke adaptor-DC atau baterai untuk menjalankannya.

- Bread Board

    Breadboard merupakan sebuah board atau papan yang berfungsi untuk merancang sebuah rangkaian elektronik sederhana. Breadboard tersebut nantinya akan dilakukan prototipe atau uji coba tanpa harus melakukan solder.Salah satu keuntungan menggunakan breadboard adalah komponen-komponen yang dirakit tersebut tidak akan mengalami kerusakan. Komponen tersebut juga masih bisa dirangkai kembali untuk membentuk rangkaian yang lainnya.

Umumnya breadboard terbuat dari bahan plastik yang juga sudah terdapat berbagai lubang. Lubang tersebut sudah diatur sebelumnya sehingga membentuk pola yang didasarkan pada pola jaringan di dalamnya. Selain itu, breadboard yang bisa ditemukan di pasaran umumnya dibagi menjadi 3 ukuran. Pertama dinamakan sebagai mini breadboard, kedua disebut medium breadboard, dan yang terakhir dinamakan sebagai large breadboard. Untuk mini breadboard, ia memiliki kurang lebih 170 titik.

- Jumper



Pengertian kabel jumper adalah kabel elektrik yang memiliki pin konektor di setiap ujungnya dan memungkinkanmu untuk menghubungkan dua komponen yang melibatkan Arduino tanpa memerlukan solder.

Intinya kegunaan kabel jumper ini adalah sebagai konduktor listrik untuk menyambungkan rangkaian listrik.

Biasanya kabel jamper digunakan pada breadboard atau alat prototyping lainnya agar lebih mudah untuk mengutak-atik rangkaian.

Konektor yang ada pada ujung kabel terdiri atas dua jenis yaitu konektor jantan (male connector) dan konektor betina (female connector).

Jenis jenis kabel jumper yang paling umum adalah sebagai berikut:

  1. Kabel Jumper Male to Male
  2. Kabel Jumper Male to Male

    Jenis yang pertama adalah kabel jumper male male. Kabel jumper male to male adalah adalah jenis yang sangat yang sangat cocok untuk kamu yang mau membuat rangkaian elektronik di breadboard.

  3. Kabel Jumper Male to Female
  4. Kabel Jumper Male to Female

    Kabel jumper male female memiliki ujung konektor yang berbeda pada tiap ujungnya, yaitu male dan female.

    Biasanya kabel ini digunakan untuk menghubungkan komponen elektronika selain Arduino ke breadboard

  5. Kabel Jumper Female to Female

  6. Kabel Jumper Female to Female
    Jenis kabel jumper yang terakhir adalah kabel female to female. Kabel ini sangat cocok untuk menghubungkan antar komponen yang memiliki  header male. contohnya seperti sensor ultrasonik HC-SR04, sensor suhu DHT, dan masih banyak lagi.


Ukuran Kabel Jumper Arduino

Berikut ini adalah tabel ukuran panjang kabel jumper Arduino berdasarkan satuan inchi dan centimeter yang bisa kamu jadikan patokan dalam membeli kabel jumper.


Tabel Ukuran Kabel Jumper Arduino
Inchi (In)Centimeter (cm)
9,825
9,424
7,820
7,719,5
6,216
5,915
5,814,7
4,611,7
4,311

- Potensiometer


    Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel. Jika hanya dua terminal yang digunakan, potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat,  berfungsi untuk mengatur resistensi, tegangan, dan juga arus litrik yang mengalir dalam suatu rangkaian listrik

  • Bahan
- Software Arduino IDE
    Lingkungan Pengembangan Terpadu Arduino adalah aplikasi lintas platform yang ditulis dalam fungsi-fungsi dari C dan C ++. Ini digunakan untuk menulis dan mengunggah program ke papan Arduino yang kompatibel, tetapi juga, dengan bantuan core pihak ketiga, papan pengembangan vendor lainnya.

3. Rangkaian Percobaan + Prinsip Kerja
[Kembali]

  • Rangkaian Percobaan 


  • Prinsip Kerja
    Saat rangkaian sudah sesuai dengan rangkaian seperti di gamber , maka di upload program yang dibuat dan sudah di setting sesuai kondisi yaitu apbila kita menekan tanda "#"  LCD akan menampilkan angka 7435 yang  sudah dibuat di software Arduino IDE, lalu di upload ke arduino UNO nya , lalu menekan tanda "#" dan akan tampil angka 7435 di LCD ,  apabila karakter angka di lcd redup atau tungkat kecerahan nya kurang, bisa di setting oleh potensiometer yang sudah di sambung ke  V0.


4. Listing Program + Flowchart [Kembali]
  • Listing Program
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>


const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3','A'},
    {'4','5','6','B'},                 //Inisialisasi keypad matriks 4x3
    {'7','8','9','C'},
    {'*','0','#','D'}
};

byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris 
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11,10}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom

// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {                         //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD 
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1,2);
  lcd.setCursor(4,3);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {                             //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey();    //Membaca keypad

    if (key=='#' ) {                            //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
        lcd.print(7435);               //Menampilkan input dari keypad pada LCD
    }

  • Flowchart



5. Soal Analisa [Kembali]
    
    1. Jelaskan listing program sesuai kondisi masing masing kelompok
    
Jawaban :
    ---> Mendeklarasikan bereapa jumlah baris dan kolom keypad, lalu memberikan inisial kepada matriks 4x4, lalu mendeklarasi pin untu baris dan kolom dan beri inisial untuk libarary dengan pin yang digunakan  lalu setbaris dan kolom lcd, memebrikan command membaca keypad. lalu membuat statement percabangan ika kita menekan "#" program akan menampilkan angka yang sesuai kondisi yang telah ditetapkan.
  
    2. Bagaimana jika pin D4 sampai D7 LCD dipindahkan ke pin digital 0 - 3? berikan analisa!

Jawaban :
    ---> Apabila dipindahkan D4 sampai D7 ke D0 sampai D3,  output nya tetap keluar tetapi sesuai dengan yang diinputkan , karna saat pengisian data pembacaan dimulai dari LSB (Less Significant Bit)
hingga MSB (Most Significant Bit).
 
    3. Apa pengaruh V0 terhadap LCD, jelaskan fungsi pin RS, RW, dan E serta bagaimana menghubungkannya agar LCD dapat menampilkan karakter!

Jawaban :
    --->
  • Fungsi V0 pada LCD adalah sebagai kontras / Tingkat kejelasan teks atau angka yang ditampilkan pada LCD yang mana dihubungkan ke potensiometer
  • Fungsi pin RS adalah Sebagai register data , apabila pin berlogika 1 maka data yang didapatkan akan ditampung dulu sebelum diteruskan 
  • Fungsi pin RW adalah sebagai fungsi write karna pin RW terhubung ke ground. Pin ini akan menulis data atau karakter yang akan diteruskan ke modul
  • Fungsi pin E adalah sebagai transfer aktual dari perintah - perintah atau karakter antara karakter dengan hubungan data.
6. Video [Kembali]


7. Link Download [Kembali]
Libarary - Downlaod
Library KeyPad - Download
DataSheet -  Download
Listing Program - Download
Simulasi Proteus - Download
Video - Downlaod
Html - Download 

Comments

Popular posts from this blog